obyek wisata khas gunungkidul

Wisata Gunungkidul Selain Pantai yang Wajib Dikunjungi

Bagi sobat yang jenuh berwisata ke pantai, berikut alternatif  tempat wisata Gunungkidul selain pantai yang wajib dikunjungi. Obyek-obyek wisata ini tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Gunungkidul namun tetap bisa dinikmati secara maraton. Mana saja itu? berikut diantaranya.

Alternatif  tempat wisata Gunungkidul selain pantai yang wajib dikunjungi ini saya ambil dari beberapa tempat populer yang telah memikat ribuan atau bahkan jutaan selama ini. Dengan fasilitas yang mulai berkembang, obyek-obyek wisata ini lambat laun menawarkan kenyamanan bagi para pengunjung, baik tempat parkir yang semakin luas, jalan cor blok yang halus, serta fasilitas gazebo yang menarik.

obyek wisata gunungkidul

Embung Nglanggeran Kecamatan Patuk

Embung Nglanggeran adalah embung pertama kali di DIY yang dibangun diatas bukit sebagai sarana pengairan atau irigasi untuk kebun buah yang ada dibawahnya. Pemandangan atau daya tarik obyek wisata Embung Nglanggeran ini utamanya adalah keunikan embung itu sendiri yang berada di atas bukit. (Badingkan dengan embung biasa yang umumnya berada di daerah lembah).

Embung Nglanggeran

Selian itu, kokohnya Gunung Api Purba Nglanggeran serta pemandangan alam yang dilengkapi dengan kebun buah di sekeliling embung ini menjadi daya tarik khusus yang akan membawa pengunjung meraih kepuasan batin dan hiburan unik akan indahnya alam Gunungkidul.

Goa Pindul Kecamatan Karangmojo

Sebagai salah satu wisata alam terbaik di Gunungkidul, wisata Goa Pindul selalu ramai dikunjungi dan menjadi favorit bagi para wisatawan. Wisata ini menyuguhkan pengalaman menelusuri sungai baah tanah dengan ban sebagai rakit dan jaket pelampung sebagai pengaman dari risiko tenggelam.

Suasana Lorong Keluar Goa Pindul

Di dalam goa yang merupakan lorong sungai bawah tanah, wisatawan akan disuguhi fenomena kehidupan dan pemandangan goa yang unik seperti stalaktit dan stalagmit, kelelawar, zona gelap dan zona remang, serta aliran sungai yang tenang namun memiliki kedalaman hingga 13 meter. Waktu tempuh penelusuran sungai ini hanya sekitar 40 menit.

Air Terjun Sri Gethuk Kecamatan Playen

Air terjun Sri Gethuk atau juga dikenal sebagai Slompret merupakan air terjun terindah di Gunungkidul karena menawarkan pemandangan alam yang asri di aliran Sungai Oya. Kabarnya, karean sedemikian cantiknya pemandangan di obyek ini, beberapa film pun mengambil lokasi syuting disini, termasuk film Hollywood.

Air Terjun Sri Gethuk

Bgi sobat yang suka mandi, air terjun ini tempat yang cocok untuk melampiaskan keinginan mandi di alam terbuka karena dengan aliran air yang jernih, sobat dapat menikmati guyuran air sepuasnya. Jika ingin berenang, sungai Oya yang tepat berada di ujung jatuhnya air terjun ini menanti sobat semua.

Goa Kalisuci Kecamatan Semanu

Wisata minat khusus Goa Kalisuci ini mirip dengan wisata Goa Pindul, hanya saja lebih ekstrim karena memiliki jeram-jeram yang menantang. Bahkan karena lebih ekstrim, menjelajahi sungai bawah tanah di Goa Kalisuci membutuhkan peralatan tambahan sebagai pelindung, yakni helm dan body protector.

Goa Kalisuci

Keindahan goa dan sungai bawah tanah yang beraliran cukup deras memunculkan suasana menantang dan memacu adrenalin sobat semua. Total waktu yang dibutuhkan untuk menjelajahi obyek wisata ini sekitar 2 jam, termasuk untuk menapaki puluhan atau bahkan ratusan anak tangga menuju dan keluar dari obyek Goa Kalisuci.

Itulah sekilas tentang alternatif tempat wisata Gunungkidul selain pantai yang wajib dikunjungi. Unik memang, karena mayoritas obyek wisata Gunungkidul tersebut memiliki daya tarik berupa air, sesuatu yang dulu dianggap langka di daerah ini. Justru saat ini, air membawa berkah tersendiri bagi masyarakat Gunungkidul. Selamat berwisata.

ADD YOUR COMMENT