obyek wisata khas gunungkidul

Wisata Gunungkidul Apa Saja yang Menarik?

Mungkin bagi sobat yang belum pernah berkunjung, ada pertanyaan mendasar wisata Gunungkidul apa saja yang menarik? Cukup banyak memang obyek wisata yang ditawarkan Gunungkidul, yang unik dan mempesona. Dari banyak sekali pilihan, berikut obyek wisata yang populer di Gunungkidul.

Wisata Gunungkidul apa saja yang menarik? Banyak banget sob. Bagi sobat yang ingin membuktikan eksotisme Yogyakarta sebagai salah satu daerah tujuan wisata terbaik di Indonesia, tentu mengetahui obyek-obyek wisata yang lain daripada biasanya menjadi sebuah keharusan. Untuk menjawab rasa penasaran sobat tentang obyek mana saja yang tidak biasa tersebut, kali ini saya sajikan informasi obyek wisata Gunungkidul yang menarik, unik, dan populer.

obyek wisata gunungkidul

Obyek wisata Gunungkidul yang menarik, unik, dan populer ini saya fokuskan bukan pada obyek-obyek wisata  alam yang tentu tidak akan sobat temui di daerah lain. Apa saja itu dan pesona apa yang dapat sobat nikmati di obyek-obyek wisata tersebut? Berikut beberapa diantaranya:

Goa Kalisuci 

Goa Kalisuci merupakan obyek wisata susur sungai bawah tanah, yang terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, sekitar 10 km tenggara Kota Wonosari atau 45km dari pusat kota Yogyakarta.

Goa Pindul 

Seperti halnya Goa Kalisuci, Goa Pindul ini juga menawarkan susur sungai bawah tanah yang menyuguhkan keindahan goa dengan ornamen-ornamen menawan di tengah kegelapan bawah tanah. Sungai yang mengalir menjadi pesona lain yang tak mudah ditemukan di daerah lain.

Pantai Indrayanti

Pantai ini menyuguhkan beragam pesona serta keunikan bagi wisatawan. Indrayanti merupakan pantai dengan pasir putih dan terumbu karang yang khas. Bebatuan karang kokoh yang mengapitnya, serta perbukitan karst di sebelah utaranya membuat pantai ini unik dan menawarkan sebuah pesona alam yang menawan.

Pantai Siung

Eksotisme Pantai Siung terletak pada bebatuan karang yang menawarkan beragam pesona. Bagi para pecinta fotografi, jajaran karang di pantai ini menjadi salah satu tempat menawanb untuk pengambilan foto outdoor. Dengan latar belakang laut serta pemandangan unik perbukitas karst, Pantai Siung menawarkan landscape yang sangat khas, yang sulit ditemui di pantai-pantai lainnya. Hal yang paling menarik dari Pantai Siung ini adalah adanya ratusan jalur pemanjatan, baik yang masih alami maupun yang telah dipasangi alat bantuan pemanjatan.

Air Terjun Sri Gethuk

Sebuah fenomena unik air terjun yang berada jauh di pedalaman Kabupaten Gunungkidul yang pernah terkenal dengan stigma kekeringan. Dengan stigma seperti itu, air terjun ini laksana air di padang pasir.

Itulah sekilas informasi tentang obyek wisata Gunungkidul apa saja yang menarik, unik, dan populer yang dapat saya sajikan kali ini. Jika sobat penasaran dengan beberapa obyek wisata alam tersebut, silahkan baca di postingan lain di blog ini, lengkap dengan jalur yang saya buat untuk mempermudah sobat menuju kesana. Semoga bermanfaat. Salam.

ADD YOUR COMMENT