obyek wisata khas gunungkidul

Wisata Alam Gunungkidul 2016 yang Bagus dan Menantang

Bagi sobat yang ingin mengisi liburan weekend maupun cuti kerja, kali ini kami sajikan informasi tentang wisata alam Gunungkidul 2016 yang unik dan menantang. Ya, kami katakan unik dan menantang karena memang demikian adanya. Tidak setiap orang berani mencobanya karena berbagai alasan, baik phobia maupun fisik yang tidak prima.

Meskipun Gunungkidul menawarkan beragam obyek wisata yang menarik, khususnya obyek wisata pantai, namun bagi sebagian orang, obyek wisata pantai sudah biasa dikunjungi dan mereka memerlukan sebuah distraksi dengan mengunjungi obyek-obyek wisata yang tidak dapat ditemui di daerah lain. Untuk itulah, mereka memerlukan wisata alam Gunungkidul 2016 yang unik dan menantang, dan mungkin diantara mereka adalah sobat pembaca.

gunungkidul tourism map

Nah, untuk melengkapi khazanah informasi dan memantapkan rencana sobat untuk menikmati wisata alam Gunungkidul 2016 yang unik dan menantang, kali ini kami sajikan 3 spot obyek wisata yang dapat memicu adrenalin sobat, dan tentunya memerlukan persiapan khusus agar trip berjalan lancar dan memberikan kesan yang tidak terlupakan. Inilah beberapa obyek wisata Gunungkidul itu:

Kalisuci Cave Tubing

Jika sobat pernah mendengar cave tubing Goa Pindul, Kalisuci cave tubing ini adalah obyek wisata sejenis, yang tentunya lebih ekstrim dan dapat memicu adrenalin sobat semua. Kenapa demikian? karena Kalisuci cave tubing menyuguhkan aliran sungai yang lebih deras dan jeram-jeram yang sangat menantang. Bahkan jalan menuju ke obyek wisata ini pun juga cukup menantang karena harus melewati ratusan anak tangga dengan kemiringan hingga 45 derajat.

Photo of Untung Basoeky (POWK)

Selain itu, Kalisuci cave tubing memiliki medan yang lebih sulit sehingga dibutuhkan perlengkapan tambahan seperti helm dan body protector. Selain itu, diperlukan juga lebih banyak pemandu profesional yang akan bertindak sebagai pemandu itu sendiri serta tim SAR yang siap sedia memberikan bantuan pertama jika diperlukan. Arus yang deras, jalur yang sempit, serta trek yang panjang membuat Kalisuci cave tubing ini memerlukan waktu hingga 2 jam totalnya.

Goa Jomblang

Bagi sobat yang suka olah raga ekstrim, khususnya panjat tebing dan penelusuran goa, wisata Goa jomblang adalah pilihan terbaik. kenapa? Karena wisata ini menawarkan pengalaman unik menuruni goa vertikal sedalam puluhan meter dengan menggunakan tali dan perlengkapan safety lainnya. Setelah sampai di dasar goa, hutan purba menjadi pemandangan indahnya.

Goa Jomblang

Setelah itu, wisatawan Goa Jomblang akan diajak menyusuri goa horizontal yang menawarkan ornamen-ornamen unik khas kawasan karst dengan gemericik air sebagai backsoundnya. Pengalaman unik dan menantang, yang akan membawa sobat semua ke sebuah lorong bahah tanah dengan puncak atraksi berupa cahaya surga, sebuah fenomena alam yang sulit ditemukan di obyek wisata manapun dan menjadi spot foto petualang paling dicari saat ini.

Embung Batara Sriten

Perpaduan antara telaga buatan dan pemandangan khas dari puncak gunung menjadi daya tarik utama dari obyek wisata Embung Batara Sriten ini. Berada di puncak tertinggi zona utara Kabupaten Gunungkidul, embung Batara Sriten cukup sulit ditempuh karena sobat harus mengikuti jalan menanjak yang juga berliku menuju ke sebuah titik sekitar 900 meter lebih diatas permukaan laut.

obyek wisata gunungkidul

Di obyek wisata Embung Batara Sriten ini, sobat dapat menikmati aneka pemandangan khas pegunungan. Pemandangan Rawa Jombor di Klaten, Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, serta daerah sekeliling embung yang asri menjadikan obyek wisata ini sangat cocok menjadi spot camping dan mengabadikan sunset maupun sunrise di pagi dan sore hari. Tentu, bagi yang takut ketinggian (high-phobia), menuju dan berada di obyek wisata ini membutuhkan persiapan khusus.

Itulah 3 spot wisata alam Gunungkidul 2016 yang unik dan menantang, yang hanya diperuntukkan bagi sobat yang bernyali. Gunungkidul menawarkan aneka obyek wisata menarik sekaligus menantang, dan 3 obyek wisata tersebut diantaranya. Tertarik mengunjungi obyek wisata Gunungkidul tersebut? Siapkan bekal secukupnya, termasuk good mood tentunya.

ADD YOUR COMMENT