obyek wisata khas gunungkidul

Tempat Wisata Gunungkidul Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Menguak potensi pariwisata Gunungkidul seolah tiada habisnya. Ada saja obyek menarik yang berhasil dikembangkan menjadi tujuan wisata. Obyek-obyek tersebut menyebar hampir di semua wilayah. Nah, bagi sobat yang penasaran, berikut beberapa tempat wisata Gunungkidul terbaru yang wajib dikunjungi.

Ada sejumlah tempat wisata baru di Gunungkidul yang dianggap masih asri karena belum banyak terjamah tangan-tangan jahil manusia. Karena masih relatif sepi dari kunjungan wisatawan, berfoto ria di obyek-obyek wisata baru ternyata lebih mengasyikkan. Tempat-tempat wisata baru di Gunungkidul yang kami sebutkan diantaranya adalah:

obyek wisata gunungkidul

Pantai Ngeden Saptosari

Pantai Ngeden atau juga sering disebut Pantai Ngedan tepatnya berada di Padukuhan Bedalo, Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta atau tepatnya di koordinat GPS E8°6’57” E110°29’47.” Pantai ini menawarkan pesona pasir putih sekaligus bebatuan karang layaknya Pantai Uluwatu di Bali.

Pemnadangan unik akan terasa ketika sobat menjelajahi jalan setapak di pinggir pantai Ngeden ini. Jalan tersebut menuju ke gazebo tertinggi sekaligus berfungsi sebagai gardu pandang untuk menikmati deburan ombak Laut Selatan. bagi yang suka selfie, pemandangan di sepanjang jalan setapak ini sangat menarik dan mengesankan.

Puncak Green Village Gedangsari

Wisata alam Green Village yang muali populer ini terletak di Padukuhan Guyangan Lor, Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Wisata unik ini menawarkan pesona pemandangan dari puncak sebuah bukit di perbatasan antara wilayah Gunungkidul dan Klaten.

Gedangsari

Puncak Green Village Gedangsari dapat dinikmati kapan saja, namun banyak yang merekomendasikan pada waktu sore untuk menangkap moment sunset. Keindahan matahari terbit dari atas puncak bukit ini menjadi sebuah keindahan tersendiri bagi wisatawan. Selain itu, jika dinikmati pada malam hari, puncak ini menawarkan pemandangan kerlip lampu di Kota Klaten yang indah.

Watu Giring Semanu

Watu Giring adalah salah satu obyek wisata baru yang terletak di Padukuhan jelok, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Lokasinya yang berada di jalur menuju obyek wisata Goa Jomblang dan Kalisuci menjadikannya cepat populer di kalangan wisatawan yang sempat singgah.

Watu Giring Semanu

Watu Giring atau Batu Giring sendiri adalah sebutan untuk sebuah obyek wisata baru di Gunungkidul yang berupa lubang bekas galian batu kapur yang digunakan sebagai alas tiang penyangga rumah (giring). Bentuknya yang unik mirip punden berundak atau pyramid menjadikan tempat ini sangat menarik bagi para pecinta selfie.

Watu Payung Panggang 

Watu Payung bisa berarti batu yang bentuknya seperti payung, yakni melebar layaknay sebuah payung yang dikembangkan dan membuat teduh sekitarnya. Icon watu payung ini terdapat dalam pintu masuk obyek wisata yang baru beberapa waktu lalu dibuka untuk umum dan disinggahi sejumlah wisatawan.

Watu Payung Turunan Panggang 

Tempat wisata terbaru di Gunungkidul Watu Payung ini sendiri berada di Padukuhan turunan, Desa Giri Suka, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Obyek wisata unik ini berada satu kawasan dengan Monumen Mobil Listrik Selo, yang dapat ditempuh dari daerah Pleret Bantul  ke arah Kecamatan Panggang.

DSC_0917

Watu Payung menyajikan obyek wisata pemandangan alam berupa lekukan sungai Oya yang dipadu dengan sejumlah obyek menarik lainnya seperti goa, air terjun, dan spot untuk selfie. suasananya yang masih baru menyuguhkan nuansa alam yang asri dan belum banyak tersentuh tangan-tangan jahil.

Itulah beberapa tempat wisata Gunungkidul terbaru yang wajib dikunjungi. Tentu saja agar sobat lebih puas menikmati obyek-obyek wisata unik tersebut, silakan menjadikannya sebagai tujuan tambahan disamping rencana mengunjungi obyek-obyek wisata lain di Gunungkidul yang lebih populer. Salam.

ADD YOUR COMMENT