obyek wisata khas gunungkidul

Spot Obyek Wisata Gunungkidul Air Terjun

Menikmati keindahan pantai Gunungkidul  memang seolah tidak ada habisnya, ada saja spot baru menarik. Namun, bagi sobat yang sudah bosan dengan nuansa pantai, dan ingin menikmati suasana yang berbeda, berikut beberapa spot obyek wisata Gunungkidul air terjun yang dapat sobat kunjungi.

Meski dahulu Gununngkidul memiliki stigma sebagai daerah tandus dan kering, saat ini kesan terbalik 180 derajat karena jutaaan wisatawan justru mengunjungi kabupaten ini untuk melihat dan menikmati air, baik di pantai, embung, sungai bawah tanah, maupun air terjun. Untuk tempat yang terakhir, terdapat beberapa spot obyek wisata Gunungkidul air terjun yang diantaranya seperti:

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk juga sering disebut Air Terjun Slompret. Berada di Padukuhan Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, air terjun yang telah beberapa kali dijadikan tempat syuting film nasional maupun internasional ini sangat mudah diakses, sekaligus menjadi satu kawasan dengan obyek wisata Goa Ngrancang Kencana.

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk. Foto by Andy

Sobat dapat menikmati dinginnya air terjun sekaligus mandi di aliran Sungai Oya yang menjadi titik buang air terjun ini. Selain menyusuri jalan cor dengan suasana tepi sungai dan tanah tegalan yang asri, sobat juga dapat menumpang perahu khusus yang menawarkan pengalaman unik menyusuri Sungai Oya.

Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang ini baru beberapa tahun di buka untuk umum namun telah banyak menarik perhatian para wisatawan. Terletak di Padukuhan Gunungbuthak, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, air terjun ini berada dekat dengan obyek wisata lain, yakni Embung Nglanggeran dan Gunung Api Purba Nglanggeran.

Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang. Foto by Dewanti

Air terjun bertingkat ini menyuguhkan suasana asri perdesaan dipadu dengan segala keindahannya, sekaligus bebatuan purba yang konon merupakan sisa-sisa gunung api. Di sekelilingnya, perawahan tipe terasiring menjadikan pemandangan di sekitar air terjun ini sempurna, layaknya lukisan nuansa perdesaan yang sering kita lihat di galeri.

Air Terjun Banyunibo

Dibanding air terjun lainnya di Gunungkidul, air terjun Banyunibo adalah yang paling baru dibuka untuk umum. Obyek wisata ini terletak di Padukuhan Batur, Desa Putat, Kesamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Berada di jalur sekaligus kawasan sentra dan desa wisata Bobung, Banyunibo ini menawarkan keunikan alam yang asri dengan hamparan sawah terasiring di sekelilingnya.

Air Terjun Banyunibo

Air Terjun Banyunibo. Foto by Tira

Meski dari kejauhan, Banyunibo yang berarti air yang jatuh ini terhalang oleh bebatuan besar, air terjun ini cukup mudah diakses dengan jalan kaki. Penduduk telah menyediakan jalan setapak menuju air terjun sedemikian rupa sehingga menambah keasrian dan keindahan obyek wisata unik ini.

Itulah 3 spot obyek wisata Gunungkidul air terjun yang paling populer dan ramai dikunjungi tiap akhir pekan. Jika sobat penasaran dengan suasana dan pemandangan alam di sekitar air terjun kebanggaan Gunungkidul tersebut, luangkan waktu dan manjakan hari-hari sobat dengan keasrian dan keindahan alam Bumi Handayani tersebut. Salam.

ADD YOUR COMMENT