obyek wisata khas gunungkidul

Rute Arah Lokasi Pantai Pok Tunggal Gunungkidul dari Solo

Mengulas tentang keindahan gugusan pantai di pesisir selatan Gunungkidul memang tiada akhirnya. Hampir tiap hari berita tentang keindahan alam pantai-pantai di kabupaten terluas ini menghiasi berbagai media. Lalu, bagaimana kondisi dan rute menuju Pantai Pok Tunggal yang indah dan masih perawan ini? Inilah info singkat seputar rute arah lokasi Pantai Pok Tunggal Gunungkidul dari Solo.

Pantai Pok Tunggal versi Google Earth

Sebelum mambahas rute arah lokasi Pantai Pok Tunggal Gunungkidul dari Solo, ada baiknya kita mengulas sejenak tentang pantai ini. Pantai Pok Tunggal sebenarnya telah lama dikenal, namun tidak sepopuler Indrayanti, yang memiliki nama resmi Pulang Syawal. Pantai yang pernah dipakai untuk shooting ini ternyata lokasinya pun cukup dekat, kurang lebih 1 kilometer di timur Pantai Pulang Syawal. Untuk lebih jelasnya, ada beberapa poin penting yang menjadi daya tarik pantai ini, sekaligus dua rute alternatif untuk mencapainya. 

Daya Tarik Pantai Pok Tunggal

Panti Pok Tunggal menawarkan berbagai daya tarik seperti pasir putih yang kemilau, ombak pantai selatan yang cukup tenang, gugusan batuan karang yang kokoh, serta tumbuhan dan pepohonan hijau yang teduh. Tidak seperti pantai-pantai lain yang telah populer, Pantai Pok Tunggal ini cenderung masih asri dan sepi, menawarkan nuansa pantai perawan yang belum banyak terjamah tangan-tangan wisatawan sehingga memberikan pemandangan unik yang menggoda rasa syukur kita akan keindahan alam di bumi pertiwi.

Rute Menuju Pantai Pok Tunggal

Untuk mencapai Pantai Pok Tunggal, ada dua alternatif jalan yang dapat sobat ambil, yakni melalui jalan besar dengan kendaraan, maupun trekking atau jalan kaki. Jika memakai kendaraan, sobat dapat mengambil jalur dari Pantai Pulang Syawal menuju ke Kecamatan Tepus. Pada jarak sekitar 2.5 kilometer dari bibir pantai tersebut, sobat akan menemukan plang arah menuju Pantai Pok Tunggal di kanan jalan. Menyusuri jalan berbatu sekitar 2 km, sobat akan sampai ke pantai berpasir putih tersebut.

Sementara itu, jika memiliki hobbi trekking, sobat dapat berjalan kaki menyusuri jalan setapak di timur Pantai Pulang Syawal di tenggara kota Yogyakarta ini. Sekitar 1 kilometer dari pantai tersebut, sobat akan menemukan pantai berpasir putih yang terkenal dengan sebutan Pantai Pok Tunggal tersebut. Tentu, bebatuan kapur yang cuku terjal membuat sobat harus ekstra hati-hati dalam menapakinya.

Secara ringkas, inilah informasi singkat seputar rute arah lokasi Pantai Pok Tunggal Gunungkidul dari Solo dan dari Yogya:

Rute Arah Lokasi Pantai Pok Tunggal Gunungkidul dari Solo
Solo -> Sukoharjo -> Klaten -> Cawas -> Watusigar -> Karangmojo -> Wonosari -> Mulo -> Tepus  -> Pantai Pok Tunggal

Rute Arah Lokasi Pantai Pok Tunggal Gunungkidul dari Yogya
Yogya -> Jl Wonosari -> Piyungan -> Patuk -> Sambipitu -> Gading -> Wonosari -> Mulo -> Tepus -> Pantai Pok Tunggal 

Itulah sekelumit informasi tentang rute arah lokasi Pantai Pok Tunggal Gunungkidul dari Solo yang berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Masih banyak sekali potensi keindahan pantai yang dapat sobat nikmati di pesisir selatan kabupaten ini. Luangkan waktu dan sempatkan diri untuk menguak potensi syurga pariwisata ini. Selamat menjelajah. Salam

ADD YOUR COMMENT