obyek wisata khas gunungkidul

Rute Arah Lokasi Pantai Ngobaran Gunungkidul

Mengupas Keindahan Pantai Ngobaran Gunungkidul tentu membuat kita ingin sekali menikmatinya. Betapa tidak, pantai yang sangat populer bagi Umat Hindu ini merupakan tempat wisata sekaligus tempat rekreasi yang sangat menarik bagi individu maupun keluarga. Bagi yang penasaran, berikut rute arah lokasi Pantai Ngobaran Gunungkidul.

Sebelum masuk ke rute arah lokasi Pantai Ngobaran Gunungkidul, ada baiknya kita mengupas sekilas tentang pantai ini. Ngobaran adalah salah satu pantai di pesisir selatan Kabupaten Gunungkidul. Letak pantai ini berada di Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul, sekitar 27 kilometer dari pusat kota Wonosari, atau sekitar 40 km tenggara Yogyakarta. Bebatuan karang yang memisahkan daratan dengan lautan menjadi sebuah pemandangan unik di tengah popularitas pantai-pantai lainnya yang cenderung berpasir putih dan landai.

Keindahan Pantai Ngobaran Gunungkidul
Keindahan Pantai Ngobaran Gunungkidul

Meski harus mengikuti rute arah yang cukup sulit, sobat akan puas karena keunikan dan keindahan Pantai Ngobaran yang terletak pada perpaduan antara pesona alam dengan nilai kebudayaan yang disuguhkannya. Selain menawarkan keindahan biota laut, dengan karang-karang yang kadang tertutup alga, Ngobaran menyuguhkan sebuah tempat peribadatan bagi umat Hindu yang senantiasa ramai pada momen-momen tertentu.

Setelah melewati jalan rute ke Pantai Ngobaran yang cukup berkelok, sobat akan dapat menikmati beberapa bangunan dan patung-patung unik, yang juga merupakan tempat peribadatan menjadi salah satu maskot Pantai Ngobaran tersebut. Kita dapat berfoto-foto ria di tempat tersebut dengan latar belakang karang dan laut Selatan yang indah dan unik, hampir seperti pemandangan obyek wisata Uluwatu di Pulau Bali. 

Bagi yang suka berpetualang, mendaki bukit kecil di bagian barat Pantai Ngobaran ini membawa sebuah pengalaman indah dan menantang. Bebatuan tajam serta rerimbunan pohon pandan menjadikan suasana di tempat tersebut semakin menantang. Terlebih jika telah sampai di puncak bukit, keindahan ala petualang terpampang lebar dan siap untuk kita abadikan.

obyek wisata gunungkidul

Pengalaman bermain pasir putih sambil menunggu matahari terbenam di sore hari juga disuguhkan dengan sedikit berjalan kearah barat, menuju sebuah pantai kecil yang sering disebut Nguyahan. Lokasinya yang hanya sekitar 50 meter dari Pantai Ngobaran ini sangat mudah ditempuh, khususnya dengan jalan kaki.

Pada prinsipnya, rute arah lokasi Pantai Ngobaran Gunungkidul cukup beragam karena memang pantai ini dapat diakses dari beberapa tempat. Secara rinci, berikut pedoman arah ke Pantai Ngobaran tersebut

Rute arah lokasi Pantai Ngobaran Gunungkidul dari Solo/Klaten:

Solo – Klaten – Cawas – Karangmojo – Wonosari – Siraman – Pulutan– Wiyoko – Paliyan – Pasar Trowono – Kanigoro –  Pantai Ngobaran.

Rute arah lokasi Pantai Ngobaran Gunungkidul dari Jogja/Prambanan:

Jogja/Prambanan – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Gading (Lapangan AAU) – Pertigaan Gading, ambil arah kanan ke Playen – Paliyan – Trowono – Kanigoro –  Pantai Ngobaran.

Nah, bagi sobat yang penasaran menikmati pantai ini, silahkan mengunjungi Pantai Ngobaran Gunungkidul tersebut dengan mengikuti rute arah lokasi Pantai Ngobaran Gunungkidul. Jangan lupa, persiapkan segala sesuatunya untuk mengeksplorasi pantai ini secara langsung. Bagi yang suka membeli oleh-oleh, pantai Ngobaran ini hanya sekitar 800 meter dari Pantai Ngrenehan yang terkenal dengan ikan lautnya. Semoga bermanfaat. Salam. 

ADD YOUR COMMENT