obyek wisata khas gunungkidul

Rute Alamat dan Arah Lokasi menuju Embung Nglanggeran Gunungkidul

Bagi sobat yang senang berwisata, Gunungkidul mungkin menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dijelajahi. Nah, untuk melengkapi khasanah alternatif tujuan wisata di kabupaten ini, berikut saya sajikan info panduan rute alamat dan arah lokasi Embung Nglanggeran Gunungkidul yang populer dengan kebun buah serta ekostisme pemandangannya.

Rute alamat dan arah lokasi Embung Nglanggeran mulai banyak ditanyakan seiring obyek ini menjadi buah bibir di kalangan wisatawan beberapa tahun terakhir ini, terlebih sejak diresmikan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Panorama alam yang dipadu dengan kolam buatan yang berada di puncak bukit ini seolah menawarkan sebuah fenomena baru bagi pengunjung, apalagi di kala senja tiba tatkala sang surya mulai hilang di ufuk barat, pemandangan alam ini akan lebih sempurna.

Panduan Rute Lokasi menuju Embung Nglanggeran

Bagi yang belum pernah mengunjungi Embung Nglanggeran yang eksotis ini, tentu keindahannya tidak dapat langsung dinikmati. Lalu, bagaimana cara terbaik untuk menikmatinya? Tentu dengan mengunjunginya secara langsung. Nah, untuk sobat yang penasaran dengan obyek wisata yang relatif baru di Kabupaten Gunungkidul ini, berikut saya sajikan tips dan panduan rute lokasi embung Nglanggeran tersebut.

Panduan Rute Lokasi Embung Nglanggeran Gunungkidul dari arah Kota Jogja:

Jika sobat berangkat dari Jogja, silahkan menuju arah tenggara menuju Ringroad Ketandan, tepatnya Jalan Wonosari. Sampai di perempatan Jalan Wonosari ini, sobat ikuti saja jalan Wonosari lurus tanpa berbelok selama kurang lebih 15 km hingga tiba di daerah Piyungan, yaitu tepat pada traffic light ke-3. Pada titik ini, sobat lurus aja menuju – Bukit Patuk atau yang biasa dikenal dengan Hargodumilah atau “Bukit Bintang”, dimana sobat dapat menikmati pemandangan kota Jogja dari atas. Setelah melewati bukit ini, sobat akan menemui sebuah perempatan tepat diatas bukit, nah pada titik ini ambilan yang arah kiri menuju Desa Ngoro-Oro.

Meski jalannya lebih sempit, ikuti jalan tersebut sekitar 5 km hingga sobat menemui beragam  menara relay atau transmisi stasiun TV. Sekitar 200 meter dari lokasi menara-menara tersebut, sobat akan mendapati sebuah pertigaan tepat pada awal tanjakan depan UPT Puskesmas Patuk II. Pada titik ini, sobat ambil saja arah yang ke kanan – Pendopo Kalisong ikuti terus jalan aspal – pertigaan setelah SDN Nglanggeran ke kiri – liat papan petunjuk menuju Kebun Buah Nglanggeran di jalan tikungan dan pertigaan – Kebun Buah Nglanggeran.

Secara singkat, inilah rute menuju Embung Nglanggeran Gunungkidul dari arah Jogja:

Kota Jogja – Jalan Wonosari – Daerah Piyungan – Bukit Patuk/Hargodumilah atau “Bukit Bintang” – Perempatan Patuk ke kiri – Desa Ngoro-Oro – Pertigaan setelah UPT Puskesmas Patuk II ke kanan – Pendopo Kalisong ikuti terus jalan aspal – pertigaan setelah SDN Nglanggeran ke kiri – liat papan petunjuk menuju Kebun Buah Nglanggeran di jalan tikungan dan pertigaan – Kebun Buah Nglanggeran

Panduan Rute Lokasi Embung Nglanggeran dari arah Solo:

Jika sobat berangkat dari Solo, silahkan menuju arah barat daya menuju Jogja, tepatnya arah Candi Prambanan. Sampai di depan candi Prambanan, atau tepatnya setelah melewati Gapura Besar di depan Candi Pambanan, sobat pelankan kendaraan karena sekitar 100 meter dari gapura tersebut akan sobat temui sebuah traffic light.

Di titik ini, sobat akan mendapati jalan lurus menuju Jogja serta belok kiri menuju Piyungan. Nah, ikuti arah kiri tersebut hingga sobat melewati rel kereta api dan jalan utama menuju Piyungan sekitar 9km. Pada penghujung jalan menuju Piyungan, sobat akan mendapat traffic light dan pada titik ini, sobat ambil arah kiri menuju Bukit Patuk atau yang biasa dikenal dengan Hargodumilah atau “Bukit Bintang”, dimana sobat dapat menikmati pemandangan kota Jogja dari atas. Setelah melewati bukit ini, sobat akan meneui sebuah perempatan tepat diatas bukit, nah pada titik ini ambilan yang arah kiri menuju Desa Ngoro-Oro.

Kota Solo – Jalan Solo – Prambanan – Daerah Piyungan – Bukit Patuk/Hargodumilah atau “Bukit Bintang” – Perempatan Patuk ke kiri – Desa Ngoro-Oro – Pertigaan setelah UPT Puskesmas Patuk II ke kanan – Pendopo Kalisong ikuti terus jalan aspal – pertigaan setelah SDN Nglanggeran ke kiri – liat papan petunjuk menuju Kebun Buah Nglanggeran di jalan tikungan dan pertigaan – Kebun Buah Nglanggeran.

Demikian sekilas informasi seputar rute alamat dan arah lokasi Embung Nglanggeran Gunungkidul. Semoga bermanfaat dan selamat menjelajahi eksotisme alam Gunungkidul bersama keluarga, teman, dan handai taulan tercinta. Salam.