obyek wisata khas gunungkidul

Pesona Masjid Agung Al-Ikhlas Wonosari Gunungkidul

Bagi sobat yang menyukai wisata religi, tempat yang satu ini layak sobat kunjungi, baik untuk menunaikan ibadah sewaktu menuju obyek-obyek wisata lain di Gunungkidul maupun sekedar menikmati suasananya sekitarnya yang semakin hidup di malam hari. Ya, sobat dapat menikmati  pesona Masjid Agung Al-Ikhlas Wonosari Gunungkidul.

Masjid Agung Al-Ikhlas Wonosari

Terletak di Jantung Kota Wonosari, tepatnya di sebelah barat alun-alun Wonosari, Masjid Agung Al-Ikhlas Wonosari menawarkan suasana tempat ibadah yang sangat nyaman. Arsitekturnya yang megah membuat ruangan dalam masjid ini sangat representatif bagi para jamaah. Sebagai masjid terbesar di Wonosari, Al-Ikhlas sering menjadi sentra pelaksanaan ibadah wajib maupun sunnah seperti Ibadah Jum’at, manasik haji, pengajian-pengajian, kursus-kursus agama Islam, perayaan Idul Fitri dan Idul Adha, sebagai pusat kegiatan di bualan ramadhan, dan lain sebagainya. 

Masjid Agung Al-Ikhlas memiliki ruang sholat yang luas, sarana MCK, tempat wudhu, tempat parkir dan memiliki menara adzan yang menjulang tinggi dan berbentuk unik. Di kompleks masjid, tepatnya di belakang masjid, juga terdapat Pondok Pesantren yang didirikan oleh (Alm.) Haji. Mohammad Hussein yang pernah menjabat sebagai Imam besar Masjid Agung Al Ikhlas, TK ABA II Wonosari di sebelah utara, Kantor Departemen Agama, serta sekolah Muhammadiyah. 

Suasana Masjid Agung Al-Ikhlas Wonosari

Arsitektur masjid ini juga cukup menarik. Jika mayoritas masjid di negeri ini memiliki kubah diatasnya, Al-Ikhlas mengadopsi desain lokal berupa atasan berbentuk yang limasan seperti yang banyak digunakan untuk rumah-rumah tradisional di Yogyjakarta. Sementara itu, menara adzan yang dibangun di bagian depan samping masjid juga dihiasi secara unik.

Serambi Masjid Al-Ikhlas cukup luas dan dibangun agak tinggi dari titik nol tanah sehingga sangat “semilir” istilah Jawanya. Serambi ini sering digunakan untuk beristirahat orang-orang yang kebetulan singgah sekaligus pertemuan-pertemuan kecil. Dengan area parkir yang cukup luas, kompleks Masjid ini juga banyak digunakan oleh sekolah-sekolah di sekitarnya untuk mengadakan kegiatan seperti Baris Berbari, Pramuka, maupun Tonti.

Seiring booming pariwisata di Gunungkidul saat ini, Masjid Agung Al-Ikhlas Wonosari juga sering digunakan sebagai tempat beristirahat rombongan, khususnya pada Hari Jum’at yang mana wisatawan putera biasanya menggunakan masjid ini untuk menunaikan ibadah Jum’at. Selain luas tempat parkirnya  bahkan untuk bus-bus besar, masjid ini juga mampu menampung ratusan jamaah. 

Pesona lain di sekitar Masjid Al-Ikhlas

Setelah menikmati berbagai daya tarik kompleks Masjid Al-Ikhlas tersebut, sobat dapat melengkapinya dengan berjalan-jalan di sekeliling kompleks, khususnya di seputar alun-alun Wonosari. Terlebih jika di malam hari, berbagai pesona malam dapat sobat nikmati seperti diantaranya:

Bak Hias Alun-Alun Wonosari

  • Sewa Becak Hias mengitari jalan seputar alun-alun
  • Sewa Mini ATV di dalam alun-alun
  • Sewa Mobil/Motor Mini Mainan Anak mengitari alun-alun
  • Mancing Ikan versi Anak
  • Angkringan khas Jogja
  • Jagung Bakar, Susu Murni, dan Kedai Kopi
  • Lesehan lele, ayam, ikan laut
  • Fasilitas ATM BRI dan BPD Kompleks Pemda

Itulah sekilas tentang pesona Masjid Agung Al-Ikhlas Wonosari Gunungkidul. Jika sobat berencana mengunjungi obyek-obyek wisata menarik di Gunungkidul dan menginap di seputar kota Wonosari, sempatkan mengunjungi masjid yang megah ini, dan nikmati geliat kota Wonosari di malam hari. Selamat menguak keindahan lain di Bumi Handayani Gunungkidul. 

ADD YOUR COMMENT