obyek wisata khas gunungkidul

Pantai Siung, Spot Panjat Tebing Favorit bagi Para Rock Climber.

Dari sekian banyak pantai yang terbentang sejajar di pesisir selatan kabupaten terluas di Daerah Istimewa Yogyakarta, terdapat satu lokasi yang sangat digemari para pecinta wisata minat khusus panjat tebing, yaitu Pantai Siung. Ya, Pantai Siung, spot Panjat Tebing favorit bagi Para Rock Climber.

 Menelusuri potensi pariwisata di Kabupaten Gunungkidul tentu pertama kali yang terlintas  di benak kita adalah wisata pantai yang begitu menawan, dengan pesona pasir putih yang diapit perbukitan seribu, ditaburi segala keunikan fenomena karst-nya.  Salah satu obyek wisata pantai favorit tersbeut adalah Pantai Siung, spot Panjat Tebing favorit bagi Para Rock Climber.

obyek wisata gunungkidul

Dari sisi pariwisata, Pantai Siung belum lama dibuka. Pantai yang terletak di Kecamatan Tepus ini sebenarnya merupakan cekungan dengan panjang sekitar 400 meter, diapit karang-karang yang merupakan bagian dari perbukitan karst Pegunungan Seribu. Meskipun menghadap langsung ke laut, Pantai Siung tidak direkomendasikan sebagai tempat berenang. Selain pantainya berupa bebatuan karang, ombak Laut Selatan yang dikenal ganas pun turut menjadikan pantai ini kurang ideal untuk tempat berenang. Untuk meminimalkan risiko, Pemerintah pun telah memasang larangan berenang di pantai ini.

Namun demikian, eksotisme Pantai Siung Gunungkidul justru terletak pada bebatuan karang yang menawarkan beragam pesona. Bagi para pecinta fotografi, jajaran karang di pantai ini menjadi salah satu tempat ideal untuk pengambilan foto outdoor. Dengan latar belakang laut serta pemandangan unik perbukitas karst, Pantai Siung menawarkan landscape yang sangat khas, yang sulit ditemui di pantai-pantai lainnya. Bahkan jika beruntung, sekawanan kera ekor panjang yang kadang berkeliaran di sekitar karang tersebut akan menghiasi foto Anda dan menambah kealamian hasil jepretan kamera.

Pantai Siung, Spot Panjat Tebing Favorit bagi Para Rock Climber.

Sebagai maskotnya, hal yang paling menarik dari Pantai Siung ini adalah adanya ratusan jalur pemanjatan, baik yang masih alami maupun yang telah dipasangi alat bantuan pemanjatan. Bahkan sedemikian unik jalur pemanjatan ini juga telah menginspirasi para pecinta panjat tebing untuk memanfaatkan Pantai Siung dalam ajang “Asian Climbing Gathering” pada tahun 2005 yang lalu. Event tersebut selanjutnya turut mendongkrak popularitas pantai ini sehingga Pantai Siung semakin dikenal masyarakat luas, bukan hanya di kalangan para pecinta alam namun juga wisatawan umum.

Demikian sekilas tentang Pantai Siung, spot Panjat Tebing favorit bagi Para Rock Climber kali ini. Silahkan sobat jadwalkan acara akhir pekan untuk mengunjungi dan menikmati segala keindahan dan eksotisme Pantai Siung ini bersama keluarga, rekan kerja, serta komunitas panjat tebing yang sobat ikuti dan rasakan tantangannya. Salam.

ADD YOUR COMMENT