obyek wisata khas gunungkidul

Jam Buka dan Tiket Masuk Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul

Kali ini saya suguhkan informasi seputar jam buka dan tiket masuk cave tubing Kalisuci Gunungkidul. Menikmati keunikan dan keindahan alam Gunungkidul tentu tidak lengkap tanpa mengunjungi obyek wisata Kalisuci. Dengan karakteristik lingkungannya yang mirip dengan Goa Pindul di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Kalisuci menawarkan sejuta pesona bagi para penikmat wisata petualangan.

Sebelum masuk ke jam buka dan tiket masuk cave tubing Kalisuci Gunungkidul, mungkin sobat penasaran dimana lokasi obyek wisata Kalisuci ini. Kalisuci sendiri merupakan obyek wisata susur sungai yang terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, sekitar 10 km tenggara Kota Wonosari.Dirintis sejak tahun 1997, obyek wisata alam ini memang kurang populer jika dibanding saudara kembarnya, Goa Pindul, dan justru sering dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk keperluan mandi dan cuci.Lokasi Obyek Wisata Kalisuci

Namun demikian, daya tarik sungai yang mengalir di bawah tanah layaknya Goa Pindul di obyek wisata Kalisuci, dengan keindahan stalagtit dan stalagmitnya memungkinkan wisatawan berimajinasi seolah di negeri khayalan. Keunikannya yang khas dibanding stalagtit dan stalagmit di Goa Pindul menjadikan Kalisuci unik dan menarik, tidak kalah bagus dengan obyek wisata kembarannya tersebut.

Kembali ke  jam buka dan tiket masuk cave tubing Kalisuci Gunungkidul, untuk menjangkau obyek wisata ini, sobat tentu harus menggunakan kendaraan pribadi yang prima kondisinya karena medan menuju obyek wisata alam ini cukup menantang. Tidak hanya itu, obyek wisata ini juga dekat dengan lokasi goa-goa menarik lainnya seperti Jomblang, Grubug, dan beberapa luweng (goa vertikal) yang siap menantang nyali sobat sekalian. Akan tetapi, demi keamanan dan kenyamanan wisata sobat, sediakan perlengkapan yang memadai sekaligus koordinasi dengan pemandu lokal.

Kalisuci sendiri saat ini telah dikelola dengan baik oleh Pokdarwis (Kelompok Masyarakat Sadar Wisata) Desa setempat. Adapun tarif atau tiket masuk ke cave tubing Kalisuci yang dibebankan kepada wisatawan relatif sebesar Rp. 70.000 / orang dengan jumlah minimal 5 orang. Dengan biaya sebesar in, sobat akan memperoleh perlengkapan cave tubing, snack dan minum 1 x setelah pengarungan, dan jasa pemanduan.  Jam buka cave tubing Kalisuci Gunungkidul adalah dari pukul 08.00 – 16.00 WIB dan ditutup jika cuaca tidak mendukung, khususnya mendung dan hujan untuk menghindari risiko banjir.

Itulah sekilas tentang  jam buka dan tiket masuk cave tubing Kalisuci Gunungkidul plus informasi tambahan seputar lokasi obyek wisata Kalisuci di Gunungkidul. Jika sobat tertarik untuk mengunjungi salah satu obyek wisata alam minat khusus unggulan di Gunungkidul ini, jangan ragu, segera siapkan bekal yang memadai, termasuk nyali sobat sekalian. Semoga bermanfaat. Salam.

ADD YOUR COMMENT