obyek wisata khas gunungkidul

Jam Buka dan Biaya Tiket Masuk Goa Pindul Gunungkidul

Bagi sobat yang merencanakan liburan ke Yogyakarta, tidak ada salahnya mencoba wisata cave tubing Goa Pindul Gunungkidul. Obyek wisata ini masih relatif baru namun telah dikunjungi ratusan ribu pengunjung dari berbagai pelosok nusantara. Lalu, bagaimana tentang jam buka dan biaya tiket masuk Goa Pindul Gunungkidul? Berikut informasinya.

Jam buka dan biaya tiket masuk Goa Pindul Gunungkidul sebenarnya belum ada standar pasti, hanya sebuah kesepakatan dengan operator atau Pokdarwis setempat. Biasanya pengunjung memilih pagi hari karena belum banyak orang sehingga nuansanya lebih asri. Sobat bisa meminta jadwal pagi-pagi sekitar jam 6, atau paling tidak sebelum jam 9 pagi.

Wisata Cave Tubing Goa Pindul Gunungkidul

Biaya masuk Goa Pindul sebenarnya ada 2 jenis, yakni retribusi masuk obyek wisata yang besarnya telah ditetapkan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul sebesar 10 ribu Rupiah per orang. Sementara itu biaya masuk atau biaya sewa peralatan dan pemanduan ke Goa Pindul sekitar 35 ribu per orang.

Goa Pindul sendiri merupakan salah satu dari ratusan goa horizontal di Gunungkidul yang dilalui sungai bawah tanah. Wisata di tempat ini merupakan wisata cave tubing, yakni menyusuri sungai bawah tanah dengan menggunakan ban sebagai pelampung. Menempuh jarak sekitar 300 meter, sobat akan disuguhi eksotisme goa lengkap dengan stalagtit, stalagmit, ruang gelap, ruang terang, dan lain sebagainya.

Dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau tersebut, sobat akan menikmati fasilitas penyewaan ban, sepatu, pelampung, dan jasa pemanduan yang akan mengantar sobat menyusuri lorong demi lorong goa Pindul yang teraliri sungai bawah tanah dengan kedalaman hingga 13 meter. Penjelasan tentang tiap lorong akan diberikan oleh pemandu dengan segala gaya bahasa khas Jogjanya.

Untuk mengunjungi obyek wisata alam Goa Pindul Bejiharjo Gunungkidul ini, sobat hanya perlu menyewa mobil atau motor dari stasiun atau terminal Yogya, atau dari manapun sobat datang. Jarak tempuh obyek ini dari pusat kota Jogja hanya sekitar 45km kearah timur dengan kondisi jalan yang sangat bagus, lengkap dengan pemandangan khas pegunungan yang asri.

Di tengah perjalanan, sobat akan menemui beberapa pos jasa pemanduan yang memasang spanduk besar “Pusat Layanan Goa Pindul.” Jika berkenan, sobat dapat berhenti dan minta mereka untuk menunjukkan lokasi Goa Pindul secara gratis. Jasa ojek pun juga tersedia bagi sobat yang berkunjung dengan menumpang bis. 

Itulah sekilas informasi tentang jam buka dan biaya tiket masuk Goa Pindul Gunungkidul bagi sobat semua. Jangan sungkan untuk meninggalkan komentar, saran, masukan, atau pertanyaan seputar obyek wisata yang unik ini. Pastikan sobat merencanakan liburan ke obyek ini jauh-jauh hari dan membooking tiket sesegra mungkin karena pada momen-momen tertentu, diberlakukan kuota pengunjung per hari, khususnya di musim liburan dan Lebaran. Salam. 

ADD YOUR COMMENT