obyek wisata khas gunungkidul

Biaya Paket Wisata Kalisuci Cave Tubing Gunungkidul

Bagi sobat yang ingin menikmati nuansa keindahan alam yang unik di Bumi Handayani, kali ini kami sajikan informasi seputar biaya paket wisata Kalisuci Cave Tubing Gunungkidul. Informasi ini kami dapatkan langsung melalui wawancara dan kerjasama dengan pengelola di spot wisata minat khusus ini. Berikut ulasannya.

Sebelum masuk pada biaya paket wisata Kalisuci Cave Tubing Gunungkidul, ada baiknya kita membahas sejenak apa itu wisata Kalisuci. Wisata minat khusus Kalisuci cave tubing ini diperkenalkan oleh Kelompok Sadar Wisata Kalisuci yang memiliki sekretariat di Padukuhan Jetis, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu.

Kalisuci

Obyek Wisata Kalisuci Cave Tubing

 Apa itu Wisata Kalisuci Cave Tubing Gunungkidul

Wisata Kalisuci cave tubing adalah sebuah wisata minat khusus yang dilakukan dengan mengarungi sungai bawah yang masuk ke dalam Goa Kalisuci dengan memakai peralatan khusus, yakni ban dalam, helm, jaket pelampung, dan body protector. Secara umum, wisata cave tubing Kalisuci ini merupakan perpaduan antara caving (penelusuran gua) dan rafting (susur sungai) dengan media ban dalam mobil sebagai rakitnya.

Wisata cave tubing Kalisuci dimulai dengan mempersiapkan peralatan safety, termasuk helm, pelampung, dan body protector. Setelah siap, wisatawan diajak menuruni tangga menuju mulut Goa Kalisuci. Sebelum masuk, wisatawan diperbolehkan bermain air di depan Goa Kalisuci seraya berfoto-foto ria.

Tahap selanjutnya, wisatawan akan diajak memasuki Goa Kalisuci yang menawarkan fenomena  aliran sungai yang masuk ke perut bumi, menuju lorong Goa Kalisuci yang menyuguhkan ornamen stalagtit dan stalagmit keren yang mengagumkan. Wisatawan juga akan berkesempatan menyaksikan beragam zona, baik zona terang, gelap, maupun remang lengkap dengan penjelasan pemandu profesional.

Dengan panjang trek sekitar 700 meter melewati 3 sungai terbuka dan 2 goa dengan kombinasi jeram yang unik, petualangan wisata Kalisuci cave tubing ini memerlukan total waktu sekitar 2 jam, termasuk waktu menuruni anak tangga pada pintu masuk goa dan menaiki tangga pada pintu keluar goa yang cukup ekstrim dengan kemiringna hingga 45 derajat.

Tangga Kalisuci

Tangga menuju Mulut Goa Kalisuci

Lokasi Wisata Kalisuci Cave Tubing Gunungkidul

Wisata Kalisuci Cave Tubing Gunungkidul ini berlokasi di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Jika diukur dari Yogyakarta, obyek wisata minat khusus ini berjarak sekitar 50 km arah tenggara, sementara dari Kota Wonosari (Ibukota Kabupaten Gunungkidul) hanya sekitar 9 km arah tenggara.

Obyek wisata Kalisuci ini juga searah dengan obyek wisata ekstrim lainnya, yakni Goa Jomblang dan Grubuk yang terkenal dengan cahaya surganya. Bahkan jika ditelusuri, aliran sungai yang menjadi pusat keindahan obyek wisata Kalisuci Cave Tubing ini lah yang juga menuju ke arah Goa Jomblang dan Grubug.

Jam Buka Wisata Kalisuci Cave Tubing Gunungkidul

Untuk alasan keamanan dan kesiapan pemanduan, Wisata Kalisuci Cave Tubing Gunungkidul ini dibuka mulai pukul 8 pagi setiap harinya dan diakhiri pada jam 16.00. Batasan waktu ini didasari estimasi bahwa saat memasuki waktu gelap, wisatawan tidak kesulitan dalam menaiki tangga keluar dan bisa melaksanakan sholat Maghrib di mushola yang telah disediakan sekaligus menikmati snack yang telah dipersiapkan.

Jam buka ini juga sangat tergantung dari kondisi cuaca. Jika daerah di sekitarnya hujan, obyek wisata Kalisuci Cave Tubing Gunungkidul ini ditutup untuk mengantisipasi adanya banjir yang dapat mengancam keselamatan wisatawan maupun tim pemandu. Jadi, silakan mencari informasinya sebelum melakukan kunjungan. Umumnya cuaca cukup mendukung pada bulan-bulan Mei hingga September atau diluar musim penghujan.

Tiket atau Biaya Wisata Kalisuci Cave Tubing Gunungkidul

Tiket atau biaya masuk obyek wisata Kalisuci Cave Tubing Gunungkidul adalah 70 ribu Rupiah (Tahun 2016) per orang. Besarnya biaya ini mencakup fasilitas berupa sewa peralatan (ban, helm, jaket pelampung, body protector), retribusi, asuransi, minum dan snack, kamar mandi, serta jasa pemandu.

Agar kegiatan Kalisuci Cave Tubing Gunungkidul ini dapat dilakukan, setidaknya dibutuhkan minimal 5 orang yang dapat diperoleh dari booking dahulu maupun menunggu wisatawan di spot obyek wisata. Jika tidak ingin menunggu lama, wisatawan juga dapat menikmati wisata ini dengan membayar sesuai biaya untuk 5 pax yang artinya 5×70 ribu.

Goa Kalisuci

Pintu Masuk Goa Kalisuci

Rute Arah menuju Wisata Kalisuci Cave Tubing Gunungkidul

Untuk menuju obyek wisata Kalisuci Cave Tubing Gunungkidul,  rute arah yang dapat sobat tempuh adalah sebagai berikut:

Yogyakarta (lurus ke tenggara mengikuti Jalan Wonosari) >> Piyungan (ambil jalan lurus ke Bukit Patuk) >> Wonosari (melewati Kota Wonosari) >> Mijahan (Timur Gardu PLN ada pertigaan ke kanan)>> Jonge (Ada pertigaan sebelum telaga Jonge ambil kiri) >> Kalisuci (ada di samping kiri jalan setelah plang ke Goa Jomblang)

Solo (ke arah Klaten) >> Klaten (Sebelum masuk Kota ada palng ke kiri arah Wonosari)>> Cawas (melalui Kota Kecamatan lurus ke arah Wonosari)>> Ngawen (Setelah kecamatan ambil arah kanan arah Nglipar, pertigaan ambil kiri ke arah Karangmojo) >> Karangmojo (Perempatan luruh ke arah Semanu) >> Semanu (Lurus ke arah Girisubo) >> Kalisuci (Pertigaan yang ada lapangannya ke kanan sekitar 500 meter arah kanan jalan)

Cara menuju Wisata Kalisuci Cave Tubing Gunungkidul

Untuk menuju ke obyek wisata Kalisuci Cave Tubing Gunungkidul ini, sobat harus membawa kendaraan pribadi atau menyewa di rental. Sobat bisa juga menghubungi kontak kami untuk penyewaan dan penjemputan dengan harga bersaing karena lokasi obyek wisata ini tidak berada pada jalur angkutan manapun.

Obyek Wisata Kalisuci Cave Tubing Gunungkidul ini berada di daerah perdesaan pinggiran kota Wonosari sehingga satu-satunya cara menuju obyek ini adalah dengan kendaraan pribadi, baik sewa maupun pinjam milik kerabat atau teman. Jika tidak mau ambil pusing, sobat juga bisa menghubungi kami untuk penyediaan transport tersebut atau sekalian dengan penginapannya dengan harga terjangkau.

Persiapan Menjelajahi Wisata Kalisuci Cave Tubing Gunungkidul

Untuk menikmati wisata minat khusus Kalisuci Cave Tubing Gunungkidul ini, sobat harus mempersiapkan segala sesuatunya sehingga tidak hanya keamanan serta kenyamanan selama di obyek wisata yang sobat rasakan, namun juga sebelum dan sesudahnya. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman kami, berikut poin-poin yang harus kita persiapkan:

  • Kondisi fisik: pastikan kondisi badan sobat fit karena selain harus bergelut dengan jeram-jeram sungai bawah tanah, sobat harus mampu menaiki ratusan anak tangga untuk kembali ke basecam;
  • Pakaian ganti: Bawalah pakaian ganti lengkap karena selama penelusuran sungai, semua pakaian akan basah dan kotor;
  • Alas kaki: Pakailah alas kaki yang fleksibel dan kalau bisa yang waterproof sehingga tidak licin dan tidak takut jebol karena basah;
  • Perlengkapan mandi: Karena pasti akan berkotor-kotor ria, silakan sediakan perlengkapan mandi pribadi sobat, khususnya handuk dan sabun;
  • Plastik kresek: Sediakan tas kresek untuk membungkus pakain kotor sobat setelah menikmati wisata;
  • Booking: Lakukan pemesanan terlebih dahulu untuk mengantisipasi banyaknya antrian serta untuk memenuhi minimal pax yang disyaratkan (5 pax);
  • Pelindung gadget: Bawalah pelindung gadget agar waterproof karena wisata ini akan selalu berkaitan dengan air.
Pintu Kelaur Goa Kalisuci

Pintu Keluar Goa Kalisuci

Wisata Kalisuci Cave Tubing vs Pindul Cave Tubing Gunungkidul

Bagi sobat yang pernah menikmati jenis wisata susur sungai bawah tanah, khususnya Goa Pindul di Bejiharjo, Karangmojo Gunungkidul, berikut perbandingan utama kedua jenis wisata minat khusus ini (Wisata Kalisuci Cave Tubing vs Goa Pindul Gunungkidul):

Wisata Pindul Cave Tubing Gunungkidul

  • Akses ke pintu masuk  dan keluar goa cenderung mudah karena relatif datar;
  • Aliran air relatif tenang tidak berjeram;
  • Tiket masuk relatif lebih murah (Rp. 35 ribu/pax);
  • Tiket masuk belum termasuk minum, snack, retribusi, dan kamar mandi;
  • Dibutuhkan 1 pemandu setiap rombongan;
  • Total waktu yang diperlukan sekitar 35 hingga 60 menit;
  • Melewati 2 sungai terbuka dan 1 goa;
  • Bisa membawa anak dibawah 10 tahun;

Wisata Kalisuci Cave Tubing Gunungkidul

  • Akses ke pintu masuk dan keluar goa cukup ekstrim karena harus menuruni tangga dengan kemiringan hingga 45 derajat
  • Aliran air cukup deras dan penuh dengan jeram sehingga sangat memicu adrenalin
  • Tiket masuk relatif lebih mahal (Rp. 70 ribu/pax);
  • Tiket masuk sudah mencakup minum, snack, retribusi, dan kamar mandi;
  • Dibutuhkan minimal 3 pemandu setiap rombongan (leader dan SAR);
  • Total waktu yang diperlukan sekitar 1,5 hingga 2 jam
  • Melewati 3 sungai terbuka dan 2 goa;
  • Tidak diperuntukkan bagi anak dibawah 10 tahun;

Nah itulah sekilas tentang biaya paket Wisata Kalisuci Cave Tubing Gunungkidul beserta gambaran seputar wisata minat khusus tersebut. Jika sobat tertarik dengan paket wisata ini, silakan menghubungi kami untuk booking waktu agar wisata sobat semakin tertata. Semoga bermanfaat. Salam.